TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG — Pemprov┬áJateng melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Disdik berkoordinasi untuk menyelaraskan sinergi antara dunia industri dengan pendidikan.

Menyelaraskan kurikulum pendidikan dengan kebutuhan perusahaan.

Plt Kepala Disnakertrans Jateng, Susi Handayani, mengatakan, penyesuaian kurikulum perlu dilakukan untuk menuju kesepahaman kebutuhan tenaga kerja di masa mendatang.

“Selain penyesuaian kurikulum, kami juga akan melakukan bursa kerja di setiap SMK yang ada di Jawa Tengah. Harapannya kebutuhan SDM di industri-industri bisa terjawab oleh pendidikan di sekolah,” tuturnya.

Selain itu, upaya revitalisasi BLK dan LPK yang ada di Jawa Tengah juga terus digenjot supaya mampu berorientasi pada lapangan pekerjaan yang ada. Perlu diketahui saat ini jumlah penduduk di Jawa Tengah mencapai 34.49 juta

orang. Sedangkan angkatan kerja 2019 sebanyak 18.59 juta orang. Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di angka 4,22 persen.

“Arahnya tentu akan ke link and match supaya bisa dikembangkan lagi. Jadi tiap BLK dan LPK akan terus mendapatkan pembaruan sarpras dan instruktur atau guru,” jelas Susi.

Adapun uji kompetensi juga akan diperbaiki sistemnya. Termasuk pelatihan, sertifikasi, dan penempatan yang tepat.

“Kami punya tanggung jawab bersama dengan dunia usaha, pendidikan, dan masyarakat untuk menghadapi bonus demografi,” imbuhnya.

Disnakertrans juga berupaya untuk melakukan pemagangan di perusahaan yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. Tujuannya mempersiapkan tenaga kerja yang berkompeten.

“Kami sudah melakukan kerjasama antara LPK dengan perusahaan yang ada di Jepang. Itu langkah yang tepat untuk mempersiapkan tenaga kerja yang unggul di bidangnya,” katanya.

Di Jawa Tengah sendiri, terdapat beberapa BLK dan LPK yang dikelola oleh pusat maupun provinsi. BLK yang dikelola pusat ada di Solo dan Semarang.

“Kalau yang dikelola kami ada di Cilacap, Banjarnegara, dan dua BLK di Kota Semarang. Jadi total ada 6 BLK yang siap memberikan berbagai pelatihan untuk membentuk tenaga kerja yang unggul,” pungkasnya. (tim)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Disnakertrans Genjot Revitalisasi BLK dan LPK di Jateng, https://jateng.tribunnews.com/2019/10/09/disnakertrans-genjot-revitalisasi-blk-dan-lpk-di-jateng.

Editor: Catur waskito Edy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *